Anda pengguna Microsoft Word, Excel dan Powerpoint 2003?

Yaa.. tentunya – jika kita adalah Microsoft Mania! Sungguh sangat familier software aplikasi perkantoran buatan Om Bill Gates ini bagi saya dalam menjalankan aktivitas  keseharian. Hampir dipastikan setiap hari saya berhubungan dengan software aplikasi perkantoran ini, jadi saya dah cinta betul dengannya-seperti pepatah Jawa “Tresno Jalaran Soko Kulino” hehehe…

Karena dah Tresno waktu saya mau migrasi ke Microsoft Office 2007 saya terkaget-kaget karena secara tampilan sudah benar-benar berubah dari versi pendahulunya. Versi 2007 menggunakan tampilan menu Ribbon  sehingga begitu membingungkan bagi saya yang sudah familier dengan versi 2003 dan pendahulunya. Dan.. selain membingungkan ternyata format penyimpanan filenya pun telah berubah dari versi sebelumnya.

Format penyimpanan untuk Microsoft Word 2007 adalah DOCX, untuk versi pendahulunya formatnya adalah DOC. Microsoft Excel 2007 format penyimpanan filenya menjadi XLSX, Microsoft PowerPoint 2007 menjadi PPTX. Jika Anda amati ternyata format penyimpanan file pada versi 2007 ada tambahan huruf X dibelakang ekstensinya. Jika Anda amati lagi ternyata ukuran File Microsoft Office 2007 lebih kecil daripada versi 2003 dan pendahulunya, ini mungkin ini salah satu kelebihan Microsoft Office 2007.

Pada tulisan Merubah Default Format Penyimpanan Microsoft Word 2007 dijelaskan bahwa format DOCX, XLSX dan PPTX tidak bisa di baca pada versi Microsof Office 2003 dan sebelumnya. Pada postingan ini saya akan memberikan tips buat Anda – bagaimana Microsoft Office 2003 (Word, Excel dan PowerPoint) bisa membaca file Microsoft Office 2007 (Word, Excel dan PowerPoint).

Okay.. mari menuju pencerahan.

  1. Gunakan Web browser Anda (Mozilla Firefox, Opera, Flock atau Safari) dan menuju ke link berikut Microsoft Office Compatibility Pack for Word, Excel, and PowerPoint File Formats
  2. Download fileFormatConverters.exe
  3. Instal File Format Converter yang telah Anda Download
  4. Mulai sekarang Anda bisa membuka file Microsoft Office 2007 di komputer Anda

Begitu mudahnya…

Berikut Versi unduhnya: Membuka File Microsoft Word, Excel dan PowerPoint di Microsoft 2003. Download versi PDF dan versi DOC. Jangan lupa bagikan pengetahuan ini kepada teman di sekitar Anda. Mari cerdaskan Indonesia !