Otak mengatur semua fungsi tubuh; otak mengendalikan perilaku kita yang paling primitif-makan, tidur, menjaga agar tubuh tetap hangat; otak bertanggung jawab untuk kegiatan yang paling canggih-penciptaan peradaban, musik, seni, ilmu dan bahasa. Harapan, pikiran, emosi dan kepribadian semuanya tersimpan-disuatu tempat-di dalam sana. Setelah ribuan ilmuwan mengkajinya selama berabad-abad, satu-satunya kata untuk menggambarkannya adalah: MENAKJUBKAN. (Profesor R. Ornstein. Saya ambil dari The Ultimate Book of Mind Map karya Tony Buzan)

Tak kenal maka tak sayang-ada ungkapan pribahasa yang sudah tidak asing terdengar di telinga kita- jika kita tidak mengenal, mengerti atau memahami sesuatu maka kita tidak akan bisa menghargai sesuatu tersebut. Sama halnya jika Anda bisa memahami cara kerja otak, otak akan membalas Anda dengan bekerja lebih baik bagi Anda-kita akan lebih kreatif, mudah menemukan ide cemerlang dan lebih mudah mengingat informasi. Salah satu metode/sistem pembelajaran yang bisa membantu untuk membuka potensi otak Anda sepenuhnya adalah MIND MAP. Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu Mind Map silahkan baca tulisan ini, ini juga dan ini.

Anda Mengenal Otak Anda?

Kita menggunakan otak kita sudah berapa lama? yah.. dari mulai kita dalam kandungan sampai ketika Anda membaca tulisan ini Anda sudah menggunakan otak Anda, tapi apakah kita sungguh-sungguh mengenal otak kita?

Nah, ini ada kuis tentang otak yang saya ambil dari The Ultimate Book of Mind Map karya Tony Buzan. silahkan di jawab…

  1. Jumlah sel otak manusia adalah? 100.000 | 1.000.000 | atau 1.000.000.000.000?
  2. Otak seekor serangga, misalnya lebah, mengandung jutaan sel otak? Benar/Salah?
  3. Populasi sel-sel otak di kepala kita lebih besar daripada jumlah manusia di planet bumi? Benar/salah?
  4. Kita telah bisa memotret sebuah sel otak yang diam, tetapi belum mampu membuat rekaman video sebuah sel otak yang hidup? Benar/Salah?
  5. Para jenius besar dalam sejarah, misalnya Leonardo da Vinci, Isaac Newton, Marie Curie dan Albert Einstein mungkin telah mencapai potensi penuh mereka? Benar/Salah?
  6. Otak manusia bisa menumbuhkan hubungan-hubungan baru di antara sel-sel otak ketika usia bertambah tetapi tidak bisa menumbuhkan sel-sel baru? Benar/Salah?
  7. Jumlah pola pikir yang mungkin terjadi dalam otak kita setara dengan jumlah atom di dalam? Sebuah Molekul? sebuah Katedral? Sebuah gunung? Bumi? Tata surya termasuk matahari? tidak satu pun jawaban sebelumnya?
  8. Otak kita kaku-tidak banyak yang bisa kita lakukan untuk mengubah kemampuannya? Benar/salah?
  9. Komputer terbaik di dunia sekarang ini lebih baik daripada otak manusia di dalam potensi dasarnya? Benar/salah?
  10. Korteks serebral adalah bagian otak yang normalnya disebut sebagai “otak kiri/kanan”? Benar/salah?
  11. Korteks serebral kanan adalah sisi kreatif dari otak? Benar/salah?
  12. Korteks serebral kiri adalah sisi akademis/intelektual dari otak? Benar/salah?

Bagaimana? apakah Anda sudah mengenal otak Anda dengan baik?

LUAR BIASA!  itulah otak manusia! Tidak ada otak yang lebih hebat daripada otak seorang manusia.

So, kenali otak Anda dan gunakan potensinya dengan maksimal! Semoga Sukses!

Ini jawabannya: 1.000.000.000.000, salah (hanya beberapa ribu), benar, salah, salah, salah, tidak satu pun jawaban sebelumnya  (jauh lebih besar daripada semua jawaban itu), salah, salah, benar, benar, benar.