Era web 2.0 saat ini dan seiring semakin berkembangnya teknologi serta kemudahan dalam penggunaannya, kebutuhan bagi individu untuk menunjukkan eksistensinya di dunia maya semakin dirasa perlu. Eksistensi diri ini merupakan manifestasi dari melek teknologi. Di dunia maya seseorang tidak akan diakui keeksistensiannya apabila dia gagap teknologi alias gaptek. Salah satu bentuk ekspresi melek teknologi ini adalah dengan memiliki web pribadi. Pertanyaannya adalah bagaimana cara kita membuat web untuk menunjukkan eksistensi kita? Dalam artikel sebelumnya kita telah membahas satu aplikasi web developer berbasis Content Management System (CMS) yaitu Joomla!

Kenapa sih lebih memilih aplikasi web developer Joomla! ? mungkin karena saya pengguna Joomla! Jadi saya pilih CMS Joomla! untuk ditulis di sini hehehehe….

Okay,, ada beberapa kelebihan yang dimiliki si Joomla! Pertama, kemudahan dalam melakukan setup/instalasi-sangat mudah melakukan instalasi Joomla! Pada computer tinggal ikuti instruksi sederhana beres sudah.  Kedua, mudah digunakan untuk mengedit, menambah, mengubah dan menghapus content dan gambar. Ketiga, banyaknya dukungan template, component dan module gratis untuk mempercantik web kita-banyaknya template, component dan module yang tersedia memungkinkan kita memiliki sebuah web professional walaupun kita hanya berbekal kemampuan dasar computer.

Point keempat adalah tersedianya dukungan dari berbagai komunitas Joomla! Di jagad maya, hal ini memudahkan bagi kita untuk bisa belajar lebih jauh tentang Joomla!. Selanjutnya kelebihan yang lain dan setiap orang pasti menginginkannya adalah Joomla! merupakan aplikasi web developer yang bisa di unduh tanpa bayar alias gratis.. tis… Bicara mengenai kegunaan, Joomla! tidak saja digunakan untuk mengaktualisasikan diri secara pribadi akan tetapi telah banyak perusahaan komersial dan lembaga pendidikan menggunakan aplikasi Joomla! untuk menunjukkan eksistensinya di dunia maya. Berikut contoh web pendidikan yang menggunakan aplikasi Joomla!:

Nah, kita sudah tau kelebihan dari si Joomla! saatnya kita coba membuat web guna mengaktualisasikan diri kita di dunia maya.  Yuukk… marii