Diabetes Mellitus (DM), masyarakat kita sering menyebutnya sebagai kencing manis. Penyakit ini ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi.

Mayo Clinic di websitenya mendefinisikan istilah Diabetes Mellitus mengacu pada kelompok penyakit yang mempengaruhi bagaimana tubuh Anda menggunakan glukosa darah atau biasa disebut gula darah. Glukosa darah sangat penting bagi kesehatan tubuh kita karena glukosa darah ini sumber penting energi untuk sel-sel yang membentuk otot dan jaringan. Glukosa darah ini juga sebagai sumber utama bahan bakar otak Anda.

Nah, DM ini ada beberapa tipe penggolongannya loh.. berikut penjelasan dari dr. Phaidon L. Toruan, M.M. dalam bukunya Fat-Loss Not Weight-loss for Diabetes Sakit tapi sehat.

Diabetes Tipe 1
Diabetes tipe 1 muncul akibat pankreas yang memproduksi sel beta mengalami kerusakan total. Ia sama sekali tidak mampu menghasilkan insulin. Penderita diabetes tipe 1 ini pada umumnya diidap oleh mereka yang masi berusia di bawah 30 tahun, diabetes tipe 1 disebut juga younger onset diabetes atau child onset diabetes Faktor utama penyebab diabetes tipe 1 adalah faktor turunan alias gen yang diturunkan dari garis ibu atau ayah.

Diabetes Tipe 2
Diabetes tipe 2 disebut juga adult onset diabetes. Pada diabetes tipe 2 insulin diproduksi dalam jumlah cukup, akan tetapi  karena penyebab tertentu glukosa gagal masuk ke dalam sel. Gagalnya glukosa masuk ke dalam sel karena sel kebal (resisten) terhadap insulin. Adapun penderita diabetes tipe 2 umumnya orang dewasa yang berusia di atas 30 tahun. Sebanyak 85% diabetesi merupakan penderita diabetes tipe 2.

Diabetes Gestasional
Diabetes gestasional merupakan diabetes yang terjadi pada saat hamil saja. Biasanya terjadi pada perempuan yang sedang hamil di minggu ke 24 atau bulan keenam. Saat si ibu sudah melahirkan, dengan sendirinya diabetes gestasional ini pun akan hilang.

Referensi:

Mayo Clinic, Diabetes, 2012, http://www.mayoclinic.com/health/diabetes/DS01121 di akses pada tanggal 29 Januari 2013

Lanny Lingga, 2012, Bebas Diabetes Tipe-2 Tanpa Obat, AgroMedia Pustaka, Jakarta Selatan

Phaidon L. Toruan, 2012, Fat-loss Not Weight-loss for Diabetes Sakit tapi Sehat, Transmedia, Jakarta Selatan